Thursday, March 29, 2007

Energi Matahari Untuk Ber-Internet

Wah..Wah.. ternyata energi Matahari juga bisa digunakan untuk Internet juga ya. Ini terjadi di Afrika. Beberapa organisasi pengembangan serta pemerintah di Afrika Timur dan Afrika Selatan saat ini sedang memulai proyek baru penggunaan energi matahari sebagai energi untuk teknologi informasi komunikasi di kawasan pedalaman. Menurut Paul Zambezi, sekretaris tetap kementrian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, energi matahari diyakini memiliki dampak positif di komunitas pedalaman dengan memungkinkan mereka mengakses komputer dan Internet. Langkah ini dilakukan mengingat kurangnya sumber daya listrik yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan pihak ISP (Internet Service Provider) maupun penyedia layanan ponsel. Kekurangan ini menyebabkan dua pihak tersebut ragu
  • untuk membangun proyek mereka di kawasan pedalaman. Akibatnya, kebanyakan penduduk Afrika pedalaman kurang memiliki kemampuan dalam mengoperasikan Internet.Selain usaha pemberdayaan matahari, Afrika juga sedang disibukkan dengan proyek e-school. Proyek yang digawangi oleh New Partnership for Africa's Development ini juga menggunakan energi matahari untuk menjalankan komputer di kawasan terpencil, dimana sekolah-sekolah di area tersebut tidak terhubung dengan jaringan listrik nasional.
E-Africa Commision, komisi yang mengembangkan teknologi Afrika di Johannesburg menginginkan 500 ribu sekolah di seluruh Afrika terhubung dengan Internet menjelang 2015 kelak.

1 comment:

Gian 'GiantiXBrain' Giovani said...

wah kapan indonesia nyusul buat yang begonoan.